STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ASSYAFI’IYAH DI KECAMATAN SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI

YUSTIKA, NANDA RITA (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN MUDHARABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) ASSYAFI’IYAH DI KECAMATAN SIMPANG PEMATANG KABUPATEN MESUJI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (6MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran diartikan sebagai suatu rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang apa yang akan direncanakan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu lembaga. Dengan adanya strategi pemasaran maka setiap lembaga dapat berjalan dengan tujuan yang telah di rencanakan sebelumnya. Pemasaran juga merupakan faktor penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan target pemasaran dalam mencapai tujuan suatu lembaga melalui unsur-unsur pemasaran yang meliputi segmentasi pasar, evaluasi segmen pasar, memilih segmen, strategi produk, klasifikasi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi, salah satu contoh strategi pemasaran yang dilakukan BMT Assyafi’iyah yaitu strategi promosi dengan bersosialisasi kemasyarakat dan menyebar brosur. Setiap lembaga pasti membutuhkan strategi pemasaran termasuk lembaga BMT Assyafi’iyah Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Penelitian ini dilatar belakangi rasa ingin tahu peneliti terhadap strategi pemasaran produk simpanan mudharabah pada BMT Assyafi’iyah. Karena saat ini banyaknya masyarakat yang melakukan simpanan mudharabah ke BMT Assyafi’iyah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan mudharabah pada BMT Assyafi’iyah Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji. Dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) yang terjun langsung ke lapangan untuk mengambil data-data dari populasi dan sampel yang telah diambil yaitu 6 orang karyawan, 1 pimpinan cabang, 1 kasir, dan 4 marketing. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu, interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan hasil analisis melalui interview atau wawancara kepada kepala cabang dan marketing BMT Assyafi’iyah bahwa strategi yang diterapkan oleh BMT Assyafi’iyah , yaitu: segmetasi pasar, evaluasi segmen pasar, memilih segmen pasar, strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT Assyafi’iyah berjalan dengan baik dan efektif dalam menarik minat masyarakat untuk melakukan simpanan mudharabah. Dimana unsur-unsur pemasaran ini saling mendukung dan saling melengkapi, serta memiliki peran yang berbeda dalam memasarkan produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:02
Last Modified: 19 Nov 2020 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12332

Actions (login required)

View Item View Item