PENGEMBANGAN EVALUASI TES OBJEKTIF BAHASA ARAB SMK DI MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS APLIKASI KAHOOT

MELIYANI, MEL (2020) PENGEMBANGAN EVALUASI TES OBJEKTIF BAHASA ARAB SMK DI MASA PANDEMI COVID-19 BERBASIS APLIKASI KAHOOT. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MELY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELY INDONESIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari masalah yang dihadapi ketika evaluasi pembelajaran bahasa arab berlangsung di kelas X TJ 2 SMK Muhammadiyah Kotaagung Tanggamus yaitu evaluasi kurang menarik dan soal - soal yang diberikan masih monoton tidak bervariasi dan belum menggunakan instrumen evaluasi berbasis teknologi, terlebih lagi tuntutan pembelajaran di masa pandemi covid - 19 yang tidak bisa menggunakan tatap muka , Sehingga peneliti bertujuan mengembangkan Evaluasi Tes Objektif Bahasa Arab SMK di Masa Pandemi Covid - 19 Berbasis Aplikasi Kahoot . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RND) penelitan pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE, dengan Langkah - langkahnya sebagaiberikut: 1) Analisis kebutuhan dan tujuan; 2) Analisis evaluasi pembelajaran dan analisis perilaku awal, analisis evaluasi pembelajaran; 3) Desain dan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran bahasa Arab; 4) Implementasi instrumen evaluasi pembelajaran bahasa Arab. 5) Mengembangkan dan melaksanakan evaluasi, yaitu validasi produk oleh bebrapa ahli . Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa: (1) Proses instrumen evaluasi tes objektif bahasa Arab menggunakan aplikasi kahoot pada peserta didik Kelas X di SMK semester genap berbentuk aplikasi / link, (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan sangat layak dengan persentase 94 % oleh ahli desain , 96 % oleh ahli materi, 96 % oleh ahli media. (3) Hasil uji coba kelayakan instrumen evaluasi ties objektif berbasis aplikasi kahoor 86 % pada uji coba perorangan (one to one learner) 90 % pada uji coba kelompok kecil (small group). 88 % pada uji coba kelompok besar (field trial). Dapat disimpulkan bahwa evaluasi tes objektif bahasa Arab di masa pandemi covid19 berbasis aplikasi kahoot untuk peserta didik Kelas X di SMK semester genap layak dan dapat digunakan sebagai evaluasi tingkat SMA dan SMK Kelas X semester genap .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:59
Last Modified: 19 Nov 2020 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item