PENGARUH KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

NURHAYATI.S, NUR (2020) PENGARUH KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, CONTENT KNOWLEDGE (TPCK) GURU PAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA SMP AL KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Tesis Jadi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam sebagai ujung tombak yang menjadi perhatian dan sorotan dalam hal kualitas dan hasil belajar anak didik, dimana guru PAI sebagai penyampai ilmu agama Islam kepada siswa menjadi salah satu factor penentu dari keberhasilan siswa. Dalam hal ini salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi baik adalah guru PAI yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi pelajaran denagn tepat dan benar. Technological, pedagogical dan content knowledge (TPCK) merupakan salah satu konsep pembelajaran yang perlu dikuasai oleh guru PAI dalam mengintegrasikan teknologi dengan baik ke dalam pembelajaran. Ketiga komponen tersebut memiliki daya tarik yang kuat untuk menjadikan dan menciptakan pembelajaran yang aktif dan inovatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Kautsar Bandar Lampung, dengan tujuan untuk melihat seberapa pengaruh kemampuan technological, pedagogical dan content knowledge (TPCK) guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan korelasi (correlation research) untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh kemampuan technological, pedagogical dan content knowledge guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII Al Kautsar Bandar Lampung dengan alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, angket berupa kuesioner dengan memberikan dan menyebarkan instrument kepada responden, serta dokumen yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh kemampuan technological, pedagogical dan content knowledge guru-guru PAI terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung, baik melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi, maka dapat disimpulkan bahwa masing-masing kemampuan guru PAI terdapat pengaruh yang signifikan. Kemampuan technological sebanyak 69,8%, kemampuan pedagogical sebanyak 70,8% dan kemampuan Content Knowlege sebanyak 75,5%. Jika digabungkan ketiganya antaratechnological, pedagogical, content knowledge (TPCK) diperoleh sebanyak 69,3%. Sedangkan 30,7% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti, ini berarti berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:52
Last Modified: 19 Nov 2020 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12330

Actions (login required)

View Item View Item