INTERAKSI EDUKATIF PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG

VISCA DAVITA, DAV (2020) INTERAKSI EDUKATIF PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS VISCA DAVITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pendidik merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran dan juga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Pendidik tidak hanya bertugas sebagai pendidik saja, tetapi juga berperan dalam usaha pembentukan watak, tabiat, maupun pengembangan sumber daya yang dimiliki oleh peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendetesiskan dan menganalisis tentang interaksi edukatif pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan data dokumentasi. Hasil penelitian interaksi edukatif hubungan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung cukup baik, berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan pada bulan Januari 2020, bahwa pendidik membina interaksi edukatif peserta didik salah satunya adalah ketika masuk kedalam kelas selalu berprasangka baik dan berniat baik, lalu mengucapkan salam, dan menggunakan kaki kanan ketika awal memasuki kelas. Tidak lupa pula pendidik membuka pembelajaran dengan berdoa dan mengucapkan basmallah. Serta berpakaian rapih dan sopan. Serta selalu memberikan nasehat dan motivasi. Menggunakan metode yang mudah dipahami oleh para peserta didik, membangkitkan semangat peserta didik dengan memberikan motivasi, memberikan latihan-latihan yang bersifat membantu peserta didiknya, selalu memperhatikan kemampuan peserta didiknya, menanamkan sifat terbuka dan ikhlas, membantu memecahkan masalah dan kesulitan yang terjadi pada peserta didiknya. Faktor pendukung dari interaksi edukatif hubungan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung adalah sarana prasarana belajar, materi ajar, pendidik dan orang tua. Faktor penghambatnya hanya faktor lingkungan dan peserta didik itu sendiri. Proses pembelajaran cukup baik, interaksi edukatif pendidik dengan peserta didik sudah harmonis, interaksi edukatif peserta didik dengan pendidiknya pun sudah saling mendukung, semua pihak sekolah membantu kelancaran belajar. Pendidik dengan peserta didik dan peserta didik dengan pendidik saling memberikan motivasi serta mendukung untuk berfikir yang kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Nov 2020 02:46
Last Modified: 19 Nov 2020 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item