IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA NARAPIDANA LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS IIA KALIANDA LAMPUNG SELATAN

SA’ADATUL, AULYA (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI PENDEKATAN ANDRAGOGI PADA NARAPIDANA LEMBAGA PERMASYARAKATAN KLAS IIA KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Andragogi Pada Narapidana Di Lembaga Permasyarakatan Klas IIa Kalianda Oleh : Sa’adatul Aulya Pendidikan agama Islam merupakan factor penting bagi terbentuknya moral manusia. Berbicara mengenai pendidikan agama Islam sekarang ini masih banyak narapidana yang masih belum maksimal dalam beribadah dan belum dekat dengan al-qur‟an. Hal itu disebabkan karena kurangnya kesadaran beragama para narapidana dan jarangnya narapidana mengikuti pelaksanaan pendidikan agama Islam. Tujuan penelitian ini yaitu agar narapidana lebih mengenal ajaran Islam yaitu mampu beribadah dengan baik dan benar, membaca alqur‟an dengan lancar dan menyadari kesalahan yang telah diperbuat serta tidak mengulanginya lagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil setting tempat penelitian di Lembaga Permasyarakatan klas IIa Kalianda pada bulan juni sampai dengan juli 2020. Subyek dalam penelitian ini adalah petugas pembina keagamaan dan ustadz yang mengajar dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah narapidana lembaga permasyarakatan klas IIa Kalianda. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik keabsahan data menggunakan tehnik trianggulasi tehnik dan trianggulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam melalui pendekatan andragogi di lembaga permasyraakatan klas IIa Kalianda sudah berjalan dengan baik. Dampak dari implementasi pendidikan Islam melalui pendekatan andragogi yaitu petugas mampu menganalisis beberapa masalahmasalah kompetensi yang dialami oleh narapidana dan dapat lebih memfokuskan pada apa yang menjadi masalah dalam pembelajaran sehingga narapidana dapat mengalami perubahan, baik dari dalam bidang kognitif, afektif ataupun psikomotorik. Kata kunci : Pendidikan Islam, Pendekatan Andragogi, Narapidana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Nov 2020 01:52
Last Modified: 17 Nov 2020 01:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item View Item