STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Dwita, Retna Furi (2020) STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (746kB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS IV DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG OLEH DWITA RETNA FURI Akhir-akhir ini Indonesia di gemparkan dengan wabahnya virus Covid-19 yang berimbas pada pembelajaran. Pemerintah mengeluarkan peraturan larangan kegiatan belajar mengajar dilakukan scara tatap muka melainkan di alihkan dengan pembelajaran daring guna mencegah penyebaran virus Covid-19 khususnya di MIN 10 Bandar Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan guru mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung selama pandemi Covid-19, untuk mengetahui pelaksanaan strategi yang digunakan guru mata pelajaran pelajaran IPA kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung selama pandemi Covid-19, untuk mengetahui faktor Pendukung strategi yang digunakan guru mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung selama pandemi Covid-19, untuk mengetahui kendala strategi yang digunakan guru mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mengambil sampel secara purposive sample (sampel bertujuan). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung dengan instrumen pengumpulan data primer berupa wawancara dan observasi, data skunder berupa dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: strategi yang digunakan selama masa pandemi Covid-19 kelas IV MIN 10 Bandar Lampung adalah strategi blanded learning, pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan hasil observasi penggunaan setrategi blanded learning memiliki nilai dengan persentase sangat baik 70% dan 22,5 % guru menjawab baik yang artinya setrategi blanded learning cocok digunakan dalam pembelajaran selama pandemi Covid-19, faktor pendukung penggunaan strategi blanded learning yaitu ketersediannya handphone, kuota dan jaringan internet yang stabil, faktor penghambat penggunaan strategi blanded learning adalah penggunaan media e-learning masih sulit di pahami karena bahasa dan tata letak icon pada aplikasi tersebut masih asing,belum semua peserta didik memiliki handphone android, sinyal yang kurang stabil. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi blanded learning cocok digunakan selama masa pandemi Covid-19 dapat digunakan secara daring. Kata Kunci :Strategi Guru Mata Pelajaran IPA Selama Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:54
Last Modified: 16 Nov 2020 01:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12298

Actions (login required)

View Item View Item