PENGELOLAAN KELAS DI TAMAN KANAK – KANAK ASSALAM 1 KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG SKRIPSI Diajukan

ASRI, KARTIKA (2020) PENGELOLAAN KELAS DI TAMAN KANAK – KANAK ASSALAM 1 KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG SKRIPSI Diajukan. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (571kB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi hal - hal yang dapat menggangu suasana kenyaman kelas. Pentingnya pengelolaan kelas dimana manajemen kelas merupakan faktor yang dapat menciptakan dan mempertahankan suasana serta kondisi kelas agar selalu efektif. Rumusan penelitian ini yang penulis ajukan adalah “Bagaimana pengelolaan kelas di taman kanak – kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung?”..Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan tentang pengelolaan kelas di taman kanak - kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan kepala sekolah dan guru kelas, data di kumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis, data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan kelas di taman kanak – kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung di mulai dari: 1) penataan sarana dan prasarana ruangan di sesuaikan dengan kegiatan yang akan di laksanakan, 2) pengelompokkan meja dan kursi di sesuaikan dengan kebutuhan anak sehingga mereka memiliki ruang gerak yang lebih leluasa, 3) dinding dapat di gunakan untuk menempel sarana yang di pergunakan sebagai sumber belajar dan hasil kegiatan anak, 4) peletakan dan penyimpanan alat bermain diatur sedemikian rupa sesuai dengan fungsinya sehingga dapat melatih anak untuk pembiasaan yang ingin di capai, 5) alat bermain dalam kegiatan pengaman di atur dalam ruangan, sehingga dapat berfungsi apabila di perlukan oleh peserta didik, 6) kelas untuk anak TK di rancang menyenangkan, warna-warna terang dan riang yang di sukai anak, 7) cahaya matahari dapat masuk di ruangan dengan baik. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:43
Last Modified: 16 Nov 2020 01:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item View Item