PENGARUH MODEL PEMBELJARAN Creative Problem Solving (CPS) DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA

UMI, MIFTAHUL APRILIA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELJARAN Creative Problem Solving (CPS) DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & 2.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL Creative Problem Solving (CPS) DISERTAI JURNAL BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA Oleh Umi Miftahul Aprilia Kemampuan berpikir kritis kurang dikombinasikan dengan gaya belajar peserta didik di Sekolah dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional tidak ada rangkaian pembelajaran yang menselaraskan kebutuhan siswa dalam memahami suatu pelajaran, dimana proses pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Materi yang digunakan yaitu Sistem Gerak Pada Manusia di kelas XI SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas penelitian yaitu Model Pembelajaran Creative Problem Solving disertai jurnal, variabel terikat penelitian yaitu kemampuan berpikir kritis sedangkan variabel moderatornya gaya belajar. Desain yang digunakan yaitu Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA, dengan menggunakan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes (posstest) dan non tes berupa angket gaya belajar setelah itu dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil analisis statistik yang telah dilakukan, terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Analisis Variansi dua Jala Sel Tak sama dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis diperoleh hitung= 29.460 > 4 ,007, sehingga ditolak, hitung=0,666 < 3,156 sehingga diterima, = 0,836 < 3,156 sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) disertai jurnal belajar dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajarn konvensional, (2) Tidak terdapat kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap kategori gaya belajar audio, visual dan kinestetik, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Creative Problem Solving disertai jurnal belajar dengan model pembelajaran konvensional dan kategori gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Kata Kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) disertai jurnal belajar Kemampuan Berpikir Kritis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2020 01:14
Last Modified: 16 Nov 2020 01:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12293

Actions (login required)

View Item View Item