PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

IDA, ROSDIANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung Oleh IDA ROSDIANA Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan, IPA diperlukan dalam kehidupan seharihari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Kegiatan pembelajaran di MI Ismaria ALQur’aniyyah masih menggunakan model konvensional dan model yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung seperti ini masih bersifat teacher centered, sehingga belum maksimalnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh peserta didik yang kurang memperhatikan pelajaran selama proses pembelajaran berlangsung sehingga pemahaman dan pendalaman materi belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in scince (CLIS) terhadap hasil belajar IPA kelas IV di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah quasy eksperiment (eksperimen semu) dengan tekhnik pengumpulan data post test only group design. Sampel ditetapkan sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 74 siswa, yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Data kemampuan hasil belajar IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan perhitungan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t-independen. Pada penelitian ini terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran children learning in science (CLIS), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran learning cycle. Dari hasil ulangan harian dan postetst yang telah dilakukan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol hasil yang diperoleh berbeda, untuk kelas eksperimen mendapatkan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 69,7 dan rata-rata nilai postetst sebesar 89,4. Selisih dari nilai ulangan harian dan postetst sebesar 19,7. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan rata-rata nilai ulangan harian sebesar 64,72 dan rata-rata nilai postetst sebesar 81,02. Selisih dari nilai ulangan harian dan postetst sebesar 16,3. Dari hasil perhitung dengan menggunakan uji t independent diketahui t-tabel = 2,645 < t-hitung = 3,379 maka Ha diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran children learning in science (CLIS) tehadap hasil belajar IPA kelas IV di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:52
Last Modified: 12 Nov 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12287

Actions (login required)

View Item View Item