PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

Ade, Devi Rahmawati (2020) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap minat membaca peserta didik di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “gerakan literasi sekolah (GLS) berpengaruh terhadap minat membaca peserta didik di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gerakan literasi sekolah (GLS) dan minat membaca peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Dengan teknik pengambilan sampel Cluster random sampling diperoleh kelas IV A sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinyatakan dalam bentuk Skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah (GLS) dengan teknik modeling terhadap minat membaca peserta didik kelas IV A SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung dengan koefisiien korelasi nilai rhitung sebesar 0, 920 dan rtabel sebesar 0,444 dengan nilai signifikani 0,000 berarti rhitung ˃ rtabel (0,920 ˃ 0,444) dan nilai signifikansi p ˂ 0,05 (0.000 ˂ 0,05). Sedangkan nilai thitung sebesar 10.500 ˃ ttabel 2.0859 serta nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05, dengan diperoleh persamaan regresi sederhana Y= 31.162+1,073X serta nilai signifikansinya 0,000 ˂ 0,05 dan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,920 bahwa gerakan literasi sekolah (GLS) dengan teknik modeling memiliki kontribusi atau pengaruh terhadap minat membaca peserta didik sebesar 84% sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gerakan literasi sekolah (GLS) dengan teknik modeling terhadap minat membaca peserta didik kelas IV A di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Minat Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 03:30
Last Modified: 12 Nov 2020 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item