EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SAAT PRESENTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

SONNYA, HUDAYANA (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SAAT PRESENTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 2.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SAAT PRESENTASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh: SONNYA HUDAYANA Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kecemasa pada setiap proses berjalanya presentasi yang banyak sekali terjadi pada peserta didik, seperti mengalami kecemasan, kekhawatiran, ketakutan berhadapan dengan peserta presentasi. Dengan penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa kecemasan pada peserta didik saat presentasi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja dan pastinya harus segera diatasi dengan teknik dan layanan yang tepat dan bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan pada saat presentasi. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul efektivitas layanan penguasaan konten untuk mengurangi kecemasan saat presentasi pada peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 5 bandar lampung tahun ajaran 2019/2020. Adapun tujuan dari Penelitian yang dilaksanakan ini untuk mengurangi kecemasan saat presentasi dikelas pada peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan Quasi Experimental Control Group Design (pretest-posttest). Sampel yang digunakan sebanyak 71 peserta didik kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 6 di SMAN 5 Bandar Lampung yang memiliki masalah kecemasan tinggi. Layanan penguasaan konten dilakukan menjadi 3 tahap. Subjek diobservasi sebanyak 2 kali (pretest-posttest). Hasil menunjukkan uji wilcoxon yang diperoleh yakni hasil yang diketahui yaitu Z hitung adalah sebesar -4,526, Sedangkan pada nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Karena Z hitung Sig 0,000<0,05 sesuai dengan pengujian statistika yang digunakan maka Ho ditolak dan diterimalah Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten efektif dalam mengurangi kecemasan saat presentasi peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 5 Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan penguasaan konten, kecemasan presentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:51
Last Modified: 12 Nov 2020 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12281

Actions (login required)

View Item View Item