PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII B MTs AL-ASROR TAHUN AJARAN 2019/2020

CITRA, GINANJAR G.P (2020) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII B MTs AL-ASROR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying merupakan suatu tindakan yang menyakiti orang lain yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dilakukan secara berulang-ulang karena ketidakseimbangan kekuasaan. Masalah di MTs Al-Asror adalah peserta didik kelas VIII B yang terindikasi melakukan bullying dan memiliki pemahaman tentang perilaku bullying yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman bullying pada peserta didik kelas VIII B MTs Al-Asror menggunakan layanan klasikal dengan teknik diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Designs. Sampel dalam penelitian berjumlah 14 peserta didik kelas VIII B MTs Al-Asror tahun ajaran 2019/2020 yang memiliki pemahaman tentang perilaku bullying yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket pemahaman bullying, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan total skor pemahaman bullying peserta didik sebelum mengikuti layanan bimbingan klasikal adalah 638 dan setelah mengikuti layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik diskusi meningkat menjadi 1.154. Dari hasil uji Wilcoxon, maka nilai Zhitung sebesar -3,302, sedangkan nilai Ztabel diperoleh dari tabel Z dengan alpha 0,05 atau sama nilainya dengan 5%. Dari data tersebut juga diketahui nilai Asymp. Sig (2 tailed) yang diperoleh sebesar 0,001. Karena Zhitung > Ztabel yaitu -3,302 > -1,96 atau nilai sig 0,001 < 005. Dengan demikian, sesuai dengan pengujian statistik yang digunakan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik diskusi berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII B MTs Al-Asror Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Teknik Diskusi, Bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:30
Last Modified: 12 Nov 2020 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item View Item