PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MODEL KOMIK PADA MATERI SEJARAH TENTANG NABI MUHAMMAD SAW DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Rieza, Akhirul Ihsan (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MODEL KOMIK PADA MATERI SEJARAH TENTANG NABI MUHAMMAD SAW DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Model Komik Pada Materi Sejarah Tentang Nabi Muhammad SAW Di Madrasah Ibtidaiyah Proses pendidikan secara formal diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran disekolah. Untuk mencapai tujuan tertentu, pembelajaran dapat dilakukan melalui dari berbagai faktor yang saling mendukung satu sama lain. kegiatan belajar yang berkualitas. Hasil belajar yang baik dicapai melalui interaksi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kekurangan dalam pembelajaran. Disini peneliti ingin mencakup bagaimana pengembangan SKI dalam pembelajaran di sekolah MI Jauharotun Naqsiyyah. Siswa belum mengetahui tentang sejarah nabi berdakwah menyebarkan agama islam, mata pelajaran tersebut sangat penting bagi siswa pendidik. Maka disini peneliti menggunakan cara media komik agar mempermudah para siswa memahami tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Selain itu pengajar juga lebih simple mempraktekkan cara mengajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan memakai metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahap-tahap yang dilakukan adalah penyusunan data yang meliputi proses kategorisasi dan pencatatan, reduksi data, penarikan data, dan pembahasan. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, Oservasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mengatasi persoalan siswa seperti adanya kekurangan dalam pengembangan pembelajaran, maka solusi yang tepat adalah dengan menggunakan media komik agar menambah kemampuan siswa dan mempermudah dalam belajar siswa. Kata Kunci: SKI, media komik. metode penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 02:07
Last Modified: 12 Nov 2020 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item