PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH (PPI) MODEL ADDIE BAGI MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Nihlatul, Azizah (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH (PPI) MODEL ADDIE BAGI MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Nihlatul Azizah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIK PENGAMALAN IBADAH (PPI) MODEL ADDIE BAGI MAHASANTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG Oleh: Nihlatul Azizah Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan modul praktik pengamalan ibadah yang sesuai dengan kriteria karateristik modul dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dan untuk mengetahui kelayakan modul melalui pendapat para ahli, yakni ahli media dan ahli materi serta melihat respon mahasantri terhadap modul praktik pengamalan ibadah yang telah dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan penelitian, yaitu: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), (5) evalusi (evaluation). Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi, guna melihat kelayakan dari modul yang dikembangkan oleh peneliti. Adapun angket respon mahasantri digunakan untuk melihat kemenarikan modul yang telah dikembangkan. Dari hasil penelitian ini peneliti menghasilkan modul praktik pengamalan ibadah yang memenuhi kriteria karakteristik modul dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media mendapatkan hasil skor rata-rata 88,2% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil penelitian yang diberikan oleh ahli materi mendapatkan hasil skor rata-rata 94,5% dengan kategori sangat layak. Serta hasil ujicoba terbatas untuk mengetahui respon mahasantri diperoleh skor rata-rata 89,8% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan respon mahasantri, modul praktik pengamalan ibadah yang dikembangkan dengan model ADDIE bagi mahasantri ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung dikatakan sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:58
Last Modified: 12 Nov 2020 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12273

Actions (login required)

View Item View Item