RINI, RUSDIANAWATI (2020) PERAN GURU PAI DALAM MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 WAWAY KARYA LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (2MB) | Preview |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 WAWAY KARYA LAMPUNG TIMUR Oleh RINI RUSDIANAWATI 1611010178 Peran guru adalah terciptanya serangkaian tingkah yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan kemajuan tingkah laku dalam perkembangan siswa yang menjadi tujuannya.Sekolah SMP Negeri 1 Waway Karya lampung Timur adalah salah satu sekolah sekolah menengah pertama di kabupaten Lampung Timur. Berdasarkan penelitian pendahuluan siswa masih kurang pemahaman terkait dengan hasil belajar ini mendorong peneliti untuk mengangkat rumusan masalah penelitian. Adapun rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana Peran Guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan alat pengumpul data dalam melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuktikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dengan subjek penelitian guru PAI dan siswa SMP Negeri 1 Waway Karya Lampung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa tersebut yaitu peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator, sampai kegiatan tindak lanjut maka jika dapat diukur dengan aspek tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A dapat diartikan sudah berjalan dengan efektif dengan terbukti banyaknya siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar yang diatas KKM mencapai 27 siswa atau 84, 38 % dan dibawah KKM 5 siswa atau 15, 63 % dari 32 siswa pada pelajaran PAI dengan materi sifat-sifat rasul. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Peningkatan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 04:50 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 04:50 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12249 |
Actions (login required)
View Item |