MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK GAJAH MADA KOTA BARU BANDAR LAMPUNG

SRI, AGUSTINI (2020) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK GAJAH MADA KOTA BARU BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 dan dapus.pdf]
Preview
PDF
Download (539kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI SRI AGUSTINI 15.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Metode proyek adalah metode yang digunakan untuk melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan sosial emosional sebagai bentuk kemampuan seseorang anak dalam melakukan hubungan sosial atau bermasyarakat. Penggunaan metode proyek dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak dirasa sangat tepat, karena metode proyek menghadapkan anak pada persoalan sehari-hari yang harus dipecahkan secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode proyek khususnya pada aspek, bermain dengan teman sebaya, bersifat kooperatif dengan teman dan bertangungjawab. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Disini peneleiti melibatkan dua orang guru dan 15 anak didik di kelas B1. Data dikumpulkan melalui observasi yakni metode ini adalah metode pokok yang penulis gunakan untuk mendapatkan data tentang perkembangan aspek sosial emosional anak melalui metode proyek di TK Gajah Mada Kota Baru Bandar Lampung. Wawancara sasaran dari wawancara yang penulis lakukan kepada dua tenaga pendidik yang ada di TK Gajah Mada Kota Baru Bandar Lampung. Dokumentasi yang dimaksudkan dengan metode dokumentasi adalah salah satu metode pengumpulan data yang berbentuk tulisan seperti data-data sekolah TK Gajah Mada Kota Baru Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional melalui metode proyek guru bukan hanya menyediakan alat atau bahan yang menarik tetapi memberikan arahan dan contoh dalam melakukan kegiatan proyek. Melalui metode proyek anak dapat membangun rasa kerjasama dengan kelompoknya, serta meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Berdasarkan kesimpulan dari peneliti bahwa perkembangan sosial emosional melalui metode proyek sudah berkembang dengan baik yakni dengan mengikuti langkah-langkah metode proyek, 1. Menetapkan tujuan dan tema kegiatan pengajaran dengan menggunakan metode proyek, 2. Menetapkan rancangan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan proyek, 3. Menetapkan rancangan pengelompokkan anak untuk melaksanakan kegiatan proyek, 4. Menetapkan rancangan langkah-langkah kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, 5. Menetapkan rancangan penilaian/evaluasi penilaian pengajaran dengan metode proyek Kata kunci: Perekembangan Sosial Emosional, Metode Proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2020 04:21
Last Modified: 10 Nov 2020 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item View Item