ANALISIS FIQIH SIYASAH TERHADAP PASAL 88-90 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PENUTUPAN JALAN UMUM UNTUK KEGIATAN PESTA

NI’MATUZ, ZUHROH (2020) ANALISIS FIQIH SIYASAH TERHADAP PASAL 88-90 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 43 TAHUN 1993 TENTANG PENUTUPAN JALAN UMUM UNTUK KEGIATAN PESTA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP NIQMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Jalan adalah suatu fasilitas publik yang sangat vital bagi masyarakat. Namun disamping itu, Banyak sekali aktifitas-aktifitas pelanggaran yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan. Pelanggaran-pelanggaran tersebut yaitu menggunakan jalan dengan menutup jalan tersebut, contohnya seperti perayaan acara resepsi pernikahan, acara kematian atau acara-acara perayaan tertentu yang sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat Indonesia pada umumnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dilapangan bahwa masyarakat di Jagabaya 1 Kota Bandar Lampung masih banyak yang melaksanakan penutupan jalan untuk kepentingan pribadi sehingga pengguna jalan yang lain kesulitan untuk melintasi jalan tersebut. Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan peraturan pemerintah tentang penggunaan jalan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Izin Penutupan Jalan Umum Berdasarkan Pasal 88-90 PP Nomor 43 Tahun 1993 Tentang Penutupan Jalan Umum Untuk Kegiatan Pesta di Jagabaya 1 Kota Bandar Lampung, dan Bagaimana Analisis Fiqih Siyasah Terhadap Penutupan Jalan Umum Untuk Kegiatan Pesta di Jagabaya 1 Kota Bandar Lampung. Tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan penutupan jalan umum untuk kegiatan pesta di Jagabaya 1 Kota Bandar Lampung berdasarkan pasal 88-90 PP Nomor 43 Tahun 1993 dan untuk mengetahui Pandangan Fiqh siyasah terhadap Penutupan jalan Umum Untuk kegiatan Pesta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), menggunakan sumber data primer dan sekunder. Setelah data terkumpul selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi kemudian di olah dengan tahap editing dan sistemating. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan bahwa masyarakat Jagabaya 1 Kota Bandar Lampung melaksanakan Penutupan Jalan Umum berdasarkan Peraturan Pemerintahan belum di terapkan dengan baik oleh masyarakat setempat, selain itu masyarakat Jagabaya yang melakukan penutupan jalan untuk acara pesta tidak memiliki lahan lebih untuk kelangsungan acara sehingga harus menutup jalan untuk acara pestanya. Jadi menurut penulis status hukumnya adalah mubah atau boleh dilakukan dijalan yang telah ditetapkan oleh Perkapolri asalkan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan diganti dengan adanya jalan alternatif lain. Sedangkan menurut Fiqh Siyasah yaitu pelaksanaan penutupan jalan untuk kegiatan pesta diperbolehkan selama tetap mementingkan kemaslahatan masyarakat lainnya dan tidak menimbulkan kemudharatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:52
Last Modified: 10 Nov 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item View Item