MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI METODE WAFA DI KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU FITRAH INSANI 1 LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG

ANTI, APRILIA (2020) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI METODE WAFA DI KELAS B2 TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU FITRAH INSANI 1 LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI ANTI APRILIA] Other
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB1,2 DAPUS ANTI APRILIA] Other
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Mengembangkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Metode Wafa Di Kelas B2 Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Fitriah Insani 1 Langkapura Bandar Lampung. Metode Wafa adalah metode pembelajaran Al-Qur’an yang berbasis otak kanan, yang disajikan secara menarik dan sistematis menjadikan anak-anak belajar dengan mudah, cepat dan menyenangkan. Metode ini dinilai cukup efektif dalam mengantarkan anak untuk bisa cepat membaca Al-Qur’an dengan baik dan dalam kurun waktu yang singkat di bandingkan dengan metode–metode yang lain. Maka permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah melalui metode wafa di kelas B2 taman kanak-kanak islam terpadu fitrah insani 1 langkapura bandar lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode wafa dapat mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah melalui metode wafa di kelas B2 taman kanak-kanak islam terpadu fitrah insani 1 langkapura bandar lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian anak kelas B2 yang berjumlah 24 peserta didik,dua guru kelas dan 1 guru ABK, alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan kesimpulan tentang mengembangkan kemampuan membaca huruf hijaiyyah melalui metode wafa di kelas B2 taman kanak-kanak islam terpadu fitrah insani 1 langkapura bandar lampung melalui metode wafa berkembang sangat baik sebesar 45% dari 24 peserta didik dan terdapat pengaruh yang sangat besar melalui metode wafa dengan memperhatikan langkah-langkah kegiatan dan indikator pencapaian sesuai dengan kemampuan anak yang ingin di capai dan menentukan alat serta bahan yang di perlukan dalam kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:41
Last Modified: 10 Nov 2020 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12245

Actions (login required)

View Item View Item