PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR (FLASH CARD) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD/MI

SASTIKA, WIDI ASTUTI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KATA BERGAMBAR (FLASH CARD) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari kurangnya media ajar yang digunakan untuk melatih membaca permulaan, sehingga perlu dikembangkanya sebuah produk berupa kartu kata bergambar (flashcard) sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimanakah proses pengembangan sebuah media pembelajaran untuk melatih membaca permulaan pada peserta didik kelas I SD/MI?, 2. Bagaimana kelayakan produk kartu kata bergambar sebagai media pembelajaran untuk melatih membaca permulaan pada peserta didik kelas I SD/MI?, 3. Bagaimana respon kemenarikan peserta didik dan pendidik terhadap kartu kata bergambar sebagai media pembelajaran untuk melatih membaca permulaan?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui proses pengembangan dari sebuah kartu kata bergambar (flashcard) yang digunakan sebagai media melatih membaca permulaan, 2. Untuk mengetahui kelayakan dari sebuah kartu kata bergambar (flashcard) sebagai media pembelajaran untuk melatih kemampuan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SD/MI, 2. Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan produk yang berupa media ajar kartu kata bergambar untuk kelas 1SD/MI. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model Borg and Gall yang meliputi 7 langkah yang telah disederhanakan yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 pendidik kelas I dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas I SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata bergambar memperoleh nilai rata-rata persentase dari ahli media mencapai presentase 86% dengan kriteria “sangat layak”, ahli materi mencapai presentase 82% dengan kriteria “sangat layak”, penilaian respon pendidik memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat layak, tahap uji coba skala kecil mendapatkan presentase keseluruhan sebesar 88% dengan kriteria sangat layak, uji coba skala besar mendapatkan presentase keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media kartu kata kata bergambar yang telah peneliti kembangkan telah layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, Kartu kata bergambar (flashcard), Membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2020 04:21
Last Modified: 06 Nov 2020 04:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item