KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG BARAT

RENDI, AUTAMA (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RENDI AUTAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini adalah: kemampuan kepemimpinan dalam membimbing bawahannya, Pemimpin atau kepala madrasah mewujudkan madrasah menjadi produktif dan efektif. Penelitian ini menggambarkan tentang kemampuan kepemimpinan kepala madrasah di MTs Negeri 1 Lampung Barat. Kepemimpinan Kepala madrasah dapat didefinisikan sebagai seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah di mana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi intraksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang meneriman pelajaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana kemampuan kepala madrasah dalam berkomunikasi di MTs Negeri 1 Lampung Barat?. Bagaimana kemampuan kepala madrasah dalam memberi motivasi di MTs Negeri 1 Lampung Barat?. Bagaimana kemampuan kepala madrasah dalam mengambil keputusan di MTs Negeri 1 Lampung Barat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kemampuan kepala madrasah dalam berkomunikasi, dalam memberi motivasi, dalam mengambil keputusan di MTs Negeri 1 Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, kepala TU, waka kesiswaan, guru dan staf TU. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dengan sumber. Jadi penelitian ini menunjukan bahwa: Kemampuan berkomunikasi kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lampung Barat menggunakan arus informasi dan memberikan kebebasan berekspresi. Memberi sebuah motivasi dilakukan dengan menghargai hasil kinerja dan adanya pengakuan atas prestasi kerja oleh bawahan, dan mengambil sebuah keputusan yang dilakukan oleh kepala madrasah tsanawiyah negeri 1 lampung barat menggunakan gaya kepemimpinan demokratis yang dilakukan dengan musyawarah. Penelitian ini merekomendasikan agar kepala madrasah tsanawiyah negeri 1 lampung barat dalam memberi motivasi khususnya dalam pengakuaan atas kinerja agar lebih memperhatikan dalam pemberian reward kepada guru yang berprestasi agar lebih trsansparan baik itu barang atau uang untuk memberi kepuasan bagi guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:59
Last Modified: 05 Nov 2020 07:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item