STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FIQIH MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS FILMORA DENGAN PORTOFOLIO MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG

ABDUL AZIZ, AL FARUQ (2020) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FIQIH MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS FILMORA DENGAN PORTOFOLIO MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (873kB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Media adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik adalah penggunaan media pembelajaran oleh guru yang merupakan media dalam usaha menyesuaikan konsep dan berbagai tujuan pembelajaran. Beberapa guru belum menggunakan media belajar yang inovatif. Penggunaan media yang tidak bervariasi dan efektif dapat menghambat peserta didik dalam mencerna materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu peneliti mencoba membandingkan penggunaan media pembelajaran berbasis Filmora dan media pembelajaran berbasis Porotofolio agar dapat memberikan pengalaman belajar yang bervariasi dan efektif. Penelitian ini berjudul Studi Perbandingan Hasil Belajar Fiqih Menggunakan Media Interaktif Berbasis Filmora Dengan Portofolio Memperhatikan Kecerdasan Adversitas Pada Peserta didik . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar penggunaan media pembelajaran berbasis Filmora dan media pembelajaran berbasis Porotofolio dengan memperhatikan kecerdasan adversitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Pengumpulan data melalui tes dan angket serta dianalisis dengan rumus t-test dan ANAVA menggunakan perhitungan SPSS. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dengan populasi sebanyak 2 kelas dan sampel 2 kelas (VIII A dan VIII B) yang ditentukan melalui Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan Sig < α (0,05) atau 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan hasil belajar mengunakan media pembelajaran berbasis Filmora dan Porotofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:18
Last Modified: 05 Nov 2020 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12208

Actions (login required)

View Item View Item