PENGARUH BERMAIN BALOK SUSUN WARNA (LEGO) TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NURUL AMANAH SINDANGSARI CANDIPURO LAMPUNG SELATAN

SITI, ASIATUN (2020) PENGARUH BERMAIN BALOK SUSUN WARNA (LEGO) TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD NURUL AMANAH SINDANGSARI CANDIPURO LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SITI ASIATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain balok susun warna lego yang diterapkan berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak di PAUD Nurul Amanah Sindangsari Candipuro Lampung Selatan. Metode yang digunakan berbentuk kuantitatif. Metode ini disebut kuantitatif karena data peneliti berupa angka-angkaa dan analisis menggunakan statstik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design, dengan desain postest only control design, Dalam desain ini, terdapat dua kelompok yangdigunakan yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh PAUD Nurul Amanah Sindangsari Candipuro Lampung Selatan yang berjumlah 36 peserta didik, samplenya yang digunakan kelas B1 dan B2 dengan teknik pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 21.0 for windows. Analisis uji prasyarat yang dilakukan untuk menghitung normalitas dengan uji kolmogorovsmirnov, perhitungan homogenitas dengan uji lavene statistik pada kedua sampel (kelas B1 dan B2) dan analisis uji hipotesis menggunakan t-test atau uji t, dengan rumus Independent Samples Test. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 21 for windows diketahui besar pada output SPSS setelah dilakukan analisis uji t dengan Independent Samples Test sebesar 2.955, menggunakan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel0,242. Melalui kriteria uji jika thitung ≤ ttabel maka H0 diterima, ternyata thitung≤ ttabelyaitu 2.955 > 0,242 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pembelajaran bermain balok susun warna lego berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Nurul Amanah Sindangsari Candipuro Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:28
Last Modified: 05 Nov 2020 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item