EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Siti, Maysaroh (2020) EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan berkomunikasi di depan umum merupakan salah satu keadaan atau kondisi emosi yang tidak nyaman dan tidak menyenangkan sehingga menimbulkan perasaan takut atau cemas ketika harus berkomunikasi atau menyampaikan pendapat di depan umum, baik secara individual maupun kelompok yang ditunjukan dengan adanya ketidak mampuan menyampaikan pesan secara sempurna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh atau tidak efektivitas cognitive behavior therapy dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian non-equivalen control group design yaitu kelompok Eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penelitian ini berfokus pada efektivitas cognitive behavior therapy dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik, dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 16 peserta didik yaitu 8 kelompok eksperimen dan 8 kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple purposive sampel Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik dapat dikurangi melalui pendekatan cognitive behavior therapy dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxon, adapun dapat diketahui nilai z hitung eksperimen ≤ z kontrol (-2.521 ≤ -2.524), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen lebih rendah dari pada kelas kontrol yaitu 84 ≤ 102.75 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan hasil post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa evektifitas cognitive behavior therapy dengan teknik desensitisasi sistematis efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik kelas VIII di SMP Negei 20 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:26
Last Modified: 04 Nov 2020 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item