ANALISIS DAMPAK HARGA BAHAN POKOK DAN HARGA JUAL DONAT PADA PENDAPATAN HOME INDUSTRY DONAT MENURUT PERPEKTIF EKONOMI ISLAM

Ellang, Bayu Pangestu (2020) ANALISIS DAMPAK HARGA BAHAN POKOK DAN HARGA JUAL DONAT PADA PENDAPATAN HOME INDUSTRY DONAT MENURUT PERPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung. Perkembangan bisnis home industry sudah mulai banyak. Ditengah persaingan dengan bisnis home industry lainnya, para kompetitor produk perusahaan pangan semakin hari semakin menjamur. Banyak pengembang home industry rumah tangga yang masih banyak melakukan cara sederhana dalam proses produksi, manajemen dan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari harga bahan pokok dan harga jual pada pendapatan home industry donat. Sekaligus bagaimana jika dilihat dari sudut pandang prespektif islam. Penelitian ini dilakukan pada home industry rumah tangga milik Ibu Nuraini di Kecamatan teluk Betung Barat selama 3 bulan, yakni dimulai bulan februari – april 2020 dan penelitian ini menggunakan metode kuantitas. Data yang diperoleh pada skripsi ini ada data primer yaitu dengan wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder menunjuk pada data histori keuangan home industry tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari data tahun 2017 dengan harga Rp. 1.500/bungkus dan dibandingkan sales seharga Rp. 2.000/bungkus, yaitu tidak terlalu berpengaruh atau mengalami kendala pada tidak stabilnya harga bahan pokok dipasaran. Sehingga pihak home industry tidak mengalami keuntungan yang berbeda dari keuntungan periode sebelumnya, tetapi pihak home industry selalu menjadi penyeimbang pada harga pokok dipasaran agar tidak mengalami kerugian. Kemudian dari segi prespektif islam, penulis melihat kondisinya sudah bagus sebagaimana mestinya yang diajarkan dalam syariat islam dalam menggunakan bahan pokok yang baik dan halal untuk dikonsumsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:51
Last Modified: 03 Nov 2020 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item