PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SHOLAT ANAK DI RA IBNU MUHATARAM KEC. KEDONDONG, KAB. PESAWARAN

ROBITOH, YUSRIANA (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SHOLAT ANAK DI RA IBNU MUHATARAM KEC. KEDONDONG, KAB. PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI ROBITOH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sholat merupakan wujud syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan yang merupakan salah satu sarana komunikasi antara hamba dengan tuhannya sebagai bentuk Ibadah yang didalamnya merupakan amalan yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ikhram dan diakhiri dengan salam, serta sesuai dengan syariat dan rukun yang telah ditentukan. Hasil observasi yang dilakukan di RA Ibnu Muhtaram Kedondong Pesawaran menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa anak yang pengetahuan dan keterampilan sholat nya masih belum berkembang. Dalam Penelitian ini, rumusan masalah yang penulis ajukan adalah “Apakah Penggunaan Media Audio Visual dapat Mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan Shalat pada Anak di Kelas B2 RA Ibnu Muhataram kec. Kedondong kab.Pesawaran”. Penelitian ini bertujuanuntuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sholat anak sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW melalui penggunaan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang menggunakan penelitian kualitatif yang dari setiappengamatannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas B2 RA Ibnu Muhtaram Kedondong Pesawaran. Analisa data dilakukan dengan prosedur pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa perkembangan pengetahuan dan keterampilan sholat anak melalui penggunaan media audio visual dikelas B2 RA Ibnu Muhtaram Kedondong Pesawaran sudah menunjukkan bahwa adanya peningkatan. Hal ini di tunjukkan dengan perolehan hasil Berkembang Sangat Baik (BSB) pada siklus I sebanyak 8 anak atau 40% dan siklus II meningkat menjadi 15 anak atau 75%. Dengan demikian, maka pengetahuan dan keterampilan sholat anak dapat dikembangkan melalui penggunaan media audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:42
Last Modified: 27 Oct 2020 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12148

Actions (login required)

View Item View Item