PEMIKIRAN ASY-SYEIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BIN THOHIR TENTANG PENDIDIKAN TAUHID

M.IQBAL, AL HASAN (2020) PEMIKIRAN ASY-SYEIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BIN THOHIR TENTANG PENDIDIKAN TAUHID. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (20MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PEMIKIRAN ASY-SYEIKH ABDULLAH BIN HUSAIN BIN THOHIR TERHADAP PENDIDIKAN TAUHID (Telaah Kitab Sullam At-Taufiq) Oleh M. IQBAL AL HASAN Tauhid merupakan pendidikan dasar bagi peserta didik, idealnya pendidikan tauhid diajarkan melalui disiplin ilmu agama. Namun kenyataannya, Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir mengajarkan pendidikan tauhid melalui karanagn kitab nya. Sebagai inti dari ajaran Islam, pendidikan tauhid seharusnya diajarkan untuk membangun pondasi yang mampu berdialog dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Kenyataannya, ilmu agama (pendidikan tauhid) masih dipahami secara terpisah dengan ilmu umum (ilmu pengetahuan. Tujuan penelitian ini mengetahui pendidikan tauhid menurut Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir dan melakukan implikasi terhadap penanaman keimanan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan filosofis. Sumber data primer yang digunakan yaitu karya Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir dalam bentuk buku cetak maupun kibat tentang pendidikan tauhid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi yang dilakukan di ruang-ruang perpustakaan, baik pustaka pribadi, perpustakaan kampus dan perpustakaan umum. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) pemikiran pendidikan tauhid Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir yaitu upaya dalam membimbing akal dan hati untuk mengenal dan mengesakan Allah melalui kaidah ilmu pengetahuan yang dikarangnya didalam kitab. Tujuannya sebagai pengembangan fitrah manusia dengan mengkaji, dan memahami fenomena di alam semesta guna menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Ruang lingkup pendidikan tauhid menurut Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir terdiri dari: 1) tujuan, 2) landasan dan dasar, 3) materi, 4) metode, 5) media, 6) pendidik dan peserrta didik. 2) Implikasi pemikiran pendidikan tauhid Asy syeikh Abdullah bin husain bin thohir dihadapkan pada pemahaman keagamaan. Implikasi terhadap pemahaman keagamaan yaitu melalui kitab yang dikarang, agama Islam dapat dipahami secara positivistik. Implikasi terhadap penanaman keimanan yaitu sebagai berikut: a) Menjadikan manusia untuk konsisten dalam mengakui keesaan Allah sebagai Pencipta alam semesta serta mengetahui bukti-bukti tentang kebenaran seluruh ciptaan-Nya. b) mengingatkan manusia untuk selalu memikirkan ayat-ayat kauniyah. c) Mengingatkan manusia untuk selalu memikirkan banyak nikmat dan ciptaan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:33
Last Modified: 27 Oct 2020 06:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item