EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 20 BANDAR LAMPUNG

Lina, Siska (2020) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP N 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP LINA SISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemandirian belajar adalah cara belajar yang memberikan kebebasan, tanggung jawab, dan kewenangan yang lebih besar kepada pembelajar dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan belajarnya.Kemandirian merupakan suatu sikap otonomi dimana peserta didik secara relatif bebas dari pengaruh penilaian, pendapat dan keyakinan orang lain. Otonomi adalah kebebasan individu untuk memilih, untuk menjadi kesatuan yang bisa memerintah, menguasai dan menentukan dirinya sendiri.. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan belajar efektif terhadap peningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H agai kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah 18 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung yang memiliki kategori kemandirian belajar rendah. Pengujian prasyarat analisis data dilakukan dengan metode Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan uji Analis of Varians untuk uji homogenitas, serta analisis data menggunakan Uji-t. Pengujian prasyarat normalitas kelas ekperimen dan kontrol nilai FT < FS yaitu (0,200 < 0,728) dan (0,186 < 0,257) sehingga terdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh nilai probabilitas 0,379 > 0,05 maka karakterisktiknya sama atau homogen. Berdasarkan hasil penelitian data hitung uji-t diperoleh hasil bahwa = 2,092, sedangkan nilai = 2,101. Oleh karena maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan belajar efektif terhadap peningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:26
Last Modified: 27 Oct 2020 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12138

Actions (login required)

View Item View Item