PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Eka, Putriana (2020) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP EKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Percaya Diri (self Confidence) adalah suatu keyakinan dan sikap seseorang terhadap kemampuan yang ada pada dirinya sendiri dengan menerima secara apa adanya baik positif maupun negatif yang dibentuk dan dipelajari melalui proses belajar dengan tujuan untuk mengoptimalkan kemampuan dirinya. Percaya Diri (self Confidence) rendah akan menyulitkan peserta didik dalam mengevaluasi dan menilai kemampuan dirinya sendiri. Percaya diri (self Confidence) rendah masih terdapat pada peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung yaitu masih terdapat peserta didik yang tidak percaya diri seperti saat mereka belajar mereka tidak mau untuk menyampaikan pendapat karena takut dan malu, kemudian mereka mampu untuk melakukan hal positif seperti kemampuan untuk mendapatkan prestasi tapi mereka pesimis sehingga mereka merasa bahwa mereka tidak mampu untuk berprestasi. Untuk menangani permasalahan ini diperlukan upaya dalam mengatasi percaya diri (self Confidence) rendah yaitu melalui konseling kelompok dengan teknik assertive training. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik SMAN 15 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experiment one group pre-test- post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung yang memiliki percaya diri (self Confidence) rendah yang didapat dari hasil penyebaran angket self confidence (percaya diri). Hasil yang didapat dari uji Wilcoxon signed rank test bahwa diperoleh nilai Z - 3,781. Hasil skor pre-test yang diperoleh yaitu 821 dengan rata-rata 82,1. Setelah diberi perlakuan dengan konseling kelompok teknik assertive training maka terjadi peningkatan rata-rata menjadi 1.231 dengan rata-rata 123,1 (82,1 < 123,1). Selisih rata-rata yang diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yaitu 410 dengan mean 41. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat dintyatakan konseling kelompok teknik assertive training dapat meningkatkan self confidence (percaya diri) peserta didik kelas X di SMA Negeri 15 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:22
Last Modified: 27 Oct 2020 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12137

Actions (login required)

View Item View Item