EFEKTIVITAS KOMBINASI MINYAK ATSIRI SEREH WANGI (Cymbopogon nardus) dan KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) PADA PEMBUATAN LILIN AROMATIK PENGUSIR NYAMUK Aedes dan Culex (Culicidae)

RIA, TARA PUSPITA (2020) EFEKTIVITAS KOMBINASI MINYAK ATSIRI SEREH WANGI (Cymbopogon nardus) dan KULIT JERUK NIPIS (Citrus aurantifolia) PADA PEMBUATAN LILIN AROMATIK PENGUSIR NYAMUK Aedes dan Culex (Culicidae). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sereh wangi (Cymbopogon nardus) dan kulit jeruk nipis (Citrus aurantifolia) merupakan tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri. Dimana kandungan minyak atsiri dari kedua tamanan ini dapat digunakan sebagai insektisida atau pengusir nyamuk alami. Minyak atsiri sereh wangi dan kuit jeruk nipis dapat diambil dengan cara metode destilasi uap-air. Penelitian ini, memberikan inovasi baru dalam pembuatan lilin aromatik sebagai pengusir nyamuk, dengan menambahkan minyak atsiri sereh wangi dan kulit jeruk nipis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan minyak atsiri sereh wangi dan kulit jeruk nipis dalam pembuatan lilin aromatik yang digunakan sebagai pengusir nyamuk. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni, dengan menggunakan sampel 25 ekor nyamuk pada masing-masing perlakuan yaitu 0%, 5%, 10%, 20% dan 25%. Uji hasil yang digunakan yaitu, uji One Way Anova selanjutnya dijalnjutkan dengan menggunakan uji LSD. Hasil penelitian menunjukan kombinasi terbaik dari minyak atsiri sereh wangi dan kulit jeruk nipis adalah 25% dengan pengusiran nyamuk sebesar 25,3%. Semakin Tinggi konsentrasi minyak atsiri pada lilin aromatik, maka semakin tinggi tingkat pengusiran nyamuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:18
Last Modified: 27 Oct 2020 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12136

Actions (login required)

View Item View Item