UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

NOVIA, ANGGITA PUTRI (2020) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK MENGGUNAKAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKEIPSI LENGKAP ANGGI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku Prokrastinasi Akademik Pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Tumijajar kabupaten Tulang Bawang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam menggunakan konseling kelompok teknik Self Talk dalam mengatasi perilaku Prokratinasi Akademik pada peserta didik, sebelum melaksanakan konseling kelompok dengan teknik self talk, terlebih dulu guru bimbingan dan Konseling SMA Negeri 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat melakukan beberapa langkah yaitu langkah mengidentifikasi perilaku prokrastinasi akademik, penyusunan rencana kerja dan pelaksanaan layanan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian adalah guru bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat yang melakukan layanan Konseling kelompok dengan teknik self talk dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara sistematis dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan layanan yang telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka di ketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik SMA Negeri 2 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat meliputi, mengidentifkasi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik, melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas, penyusunan rencana layanan yang akan di berikan kepada peserta didik yaitu layanan Konseling kelompok dengan teknik self talk. Pelaksanaan layanan tersebut sudah berjalan dengan baik dimana peserta didik mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:52
Last Modified: 27 Oct 2020 05:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item