PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

PUTRI, WULANDARI (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of perpus pusat.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kemampuan berpikir kreatif dapat melatih dan membantu siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Oleh karena itu guru harus menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama pada mata pelajaran sains. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan inovasi model pembelajaran dengan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif mata pelajaran IPA. Penelitian quasy experiment menggunakan desain only postest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMPN 19 Bandar Lampung. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan model konvensional dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model PjBL. Pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan dokumentasi. Tes berbentuk essay. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Analisis hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0.004, artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan nilai 77.60±12.01 pada kelas eksperimen dan 67.53±14.73 pada kelas kontrol. Kelas eksperimen mempunyai kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:41
Last Modified: 27 Oct 2020 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item