PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELAS X SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

RESA, AGUSTIN (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELAS X SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI RESA AGUSTIN LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF ONTROL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DI KELAS X SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh Resa Agustin Layanan Bimbingan Kelompok adalah suatu langkah untuk membantu individu secara pribadi ataupun kelompok dalam menyelesaikan masalah teman sebayanya yang mencakup hubungan secara individual maupun kelompok pada semua aktivitas sosial untuk membantu teman sebayanya dalam meningkatkan kemampuan hubungan sosialnya. Kontrol diri (Self Control) adalah kemampuan individu untuk mengarahkan tingkah lakunya sendiri, atau kemampuan seseorang untuk menekan atau menghambat dorongan yang ada. Beberapa ahli mengatakan bahwa kontrol diri merupakan konsep yang diaplikasikan pada analisa pemecahan masalah, kemampuan berpikir dan kreatifitas seseorang. Musfiroh bahwa pembentukan karakter adalah “suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.” Dalam pembentukan karakter di sekolah, semua komponen (pemangku pendidikan) harus dilibatkan, termasuk komponen-komponen pendidikan itu sendiri yaitu isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian, penanganan atau pengelolaan mata pelajaran, pengelolaan sekolah, pelaksanaan aktivitas atau kegiatan eksrakurikuler, pemberdayaan sarana prasarana, pembiayaan dan ethos kerja seluruh warga sekolah/lingkungan. Di samping itu, pembentukan karakter dimaknai sebagai suatu perilaku warga sekolah yang dalam menyelenggarakan pendidikan harus berkarakter. Inti pendapat ini bahwa pembentukan karakter mengacu kepada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif preeksperimental yaitu yang dilakukan dengan pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek yang bersangkutan dengan menggunakan one-group pretest-posttest design.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:35
Last Modified: 27 Oct 2020 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item