PELAKSANAAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI ANAK USIA DINI DI PAUD ANGON SAKA KABUPATEN TANGGAMUS T.P 2020/2021

ILYA, NURYASMIN (2020) PELAKSANAAN LAYANAN DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING MELALUI MEDIA ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI ANAK USIA DINI DI PAUD ANGON SAKA KABUPATEN TANGGAMUS T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi Ilya Nuryasmin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Maraknya kasus pelecehan yang terjadi pada anak dibawah umur saat ini sudah sangat memprihatinkan bahkan dapat dikatakan dalam kondisi krisis dan darurat sehingga sangat meresahkan, butuh penanganan khusus dan serius dari keluarga, masyarakat, tokoh agama, pemerintah dan para pendidik agar masalah tersebut bisa ditangani dan diantisipasi. Maraknya kasus kekerasan seksual tersebut perlu ditangani secara intensif salah satunya dengan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan seks atau kesehatan reproduksi sejak dini. Tujuan pendidikan kesehatan reproduksi yaitu untuk menanamkan pendidikan seksual kepada anak-anak, agar anak mengerti bahaya yang ada disekitar dan apa yang harus dilakukan anak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling melalui media animasi dalam mengembangkan pengetahuan kesehatan reproduksi anak usia dini di PAUD Angon Saka Tanggamus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, hasil dan faktor penghambat serta pendukung pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling melalui media animasi dalam mengembangkan pengetahuan kesehatan reproduksi anak usia dini di PAUD Angon Saka Tanggamus. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan dasar bimbingan dan konseling melalui media animasi dalam mengembangkan pengetahuan kesehatan reproduksi anak usia dini di PAUD Angon Saka Tanggamus. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan kesehatan reproduksi anak usia dini di PAUD Angon Saka mengalami perkembangan, hal ini dilihat dari hasil wawancara kepada guru PAUD yang mengatakan bahwa “Pengetahuan anak mengenai kesehatan reproduksi mengalami perkembangan, hal itu bisa dilihat melalui antusias anak menjawab pertanyaan guru dan atusias anak menceritakan kembali apa yang dilihat anak dari film yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2020 05:29
Last Modified: 27 Oct 2020 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12126

Actions (login required)

View Item View Item