IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 05 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN TALANG PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

REGYSTON, PRATAMA (2020) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BANDAR LAMPUNG NOMOR 05 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN TALANG PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap manusia menginginkan lingkungan hidup yang nyaman dan tentram. Kenyamanan dan ketentraman tersebut dapat dirasakan ketika setiap makhluk hidup saling menjaga lingkungan dan patuh pada peraturan yang ada, karena pada dasarnya peraturan tersebut diciptakan untuk menjamin kenyamanan dan ketentraman setiap masyarakat. Namun bagaimana dalam halnya dengan Peraturan Daerah diduga yang belum terlaksana seperti di kelurahan Talang kecamatan Teluk Betung Selatan, penempatan Tempat Penampungan Sementara (TPS) terbilang tidak strategis yang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah. Dalam hal ini sangat mengganggu kenyamanan dan ketentraman pada masyarakat dan proses pengajaran yang tidak kondusif pada SDN 1, SDN 2, dan SDN 4 Talang kecamatan Teluk Betung Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Pasal 27 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Terhadap Tempat Penampungan Sementara di Kelurahan Talang Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung? Dan Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 27 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Pengolahan Sampah Terhadap Tempat Penampungan Sementara di Kelurahan Talang Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pasal 27 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Talang Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dan untuk mengetahui Perspektif Fiqih Siyasah Terhadap Implementasi Pasal 27 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Talang Oleh Dinas Lingkungam Hidup Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive sampling berjumlah 12 orang yaitu 1 (satu) orang Dinas Lingkungan Hidup, 1 (satu) orang UPT Teluk Betung Selatan, 2 (dua) Aparatur Kelurahan, ketua RT sekitar TPS, Dan 7 (tujuh) orang warga sekitaran TPS, mengunakan metode Wawancara, dan dengan jumlah populasi kurang lebih 109 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa 1. Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 01 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan khususnya pasal 27 belum efektif, karena tidak tegasnya penanganan penempatan Tempat Pembuangan Sementara dan kurangnya kesadaran masyarakat mengenai efek dari Tempat Penampungan Sementara yang tidak sesauai dengan syarat-syarat dan ketentuan, 2. Berdasarkan perspektif fiqh siyasah, Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 05 Tahun 2015 belum efektif dengan hal tersebut belum tercapainya kemaslahatan umat dan belum menjunjung prinsip-prinsip kaidah hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:03
Last Modified: 26 Oct 2020 05:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item