PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG

Ferry, Awalludin (2020) PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.Ferry Awalludin.Pendidikan Agama Islam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 BANDAR LAMPUNG OLEH FERRY AWALLUDIN Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang sangat penting bagi setiap insan manusia. Pendidikan agama Islam disampaikan melalui pendidik kepada anak didik untuk mengenalkan ajaran-ajaran Islam untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran- ajaran agama yang telahdi yakininya secara syumul (menyeluruh), serta menjadikan ajaran agama Islam sebagai suatu pandangan hidupnya. Tantangan Pendidikan Islam khususnya di Indonesia saat ini adalah bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai agama tersebut kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, akan tetapi memiliki kualitas iman, takwa dan akhlak mulia. Karena tujuan pendidikan Islam adalah membentuk insan manusia yang memiliki kepribadian yang serasi dan seimbang; tidak saja bidang agama dan keilmuan, melainkan juga bidang keterampilan dan akhlak. Al-Abrasyi menjelaskan bahwa aspek pendidikan akhlak sebagai sebuah tujuan pendidikan Islam merupakan kunci utama bagi keberhasilan insan manusia dalam menjalankan tugas dalam kehidupannya. Menurut Zakiyah Darajat yang dikutip oleh Abdul Majid, dkk “pendidikan agama islam adalah usaha untuk membina dan mengasuh peserta didik agar senantiasa dapat memahami ajaran Islam secara menyeluruh. Lalu menghayati tujuan, yang pada akhirnya dapat mengamalkan serta menjadikan Islam sebagai pandangan hidup. Dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik snowball sampling, fokus masalah Persepsi Peserta Didik Tentang Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Bandar Lampung, dengan rumusan masalah; 1)Bagaimana persepsi peserta didik tentang Pendidikan Agama Islam?, 2)Bagaimana tanggapan peserta didik terkait Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Bandar Lampung?. Tujuan Penelitian ini sebagai berikut; 1)Menguraikan persepsi peserta didik tentang Pendidikan Agama Islam, 2)Menguraikan tanggapan peserta didik terkait Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Bandar Lampung. Prosedur pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data; reduksi data, display, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data; menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah; 1)Persepsi Peserta Didik Tentang Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Bandar Lampung sangat memperhatikan dalam segi keagamaan, terutama para pendidik terhadap peserta didik yang menanamkan sebuah akhlak yang karimah dan taat beribadah kepada Allah Swt dan Menjauhi segala yang dilarang sehingga kehidupan peserta didik menjadi terarah, 2)Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Bandar Lampung sangat baik, hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan keagaamaan seperti Lampung mengaji (silent reading), sholat dzuhur, sholat dhuha, sholat jum’at, tabligh akbar, pembacaan yasin dan pengajian setiap jum’at, hal ini disebut juga dengan Pendidikan Agama Islam (non kurikulum) dan harapan Goalseatnya peserta didik dapat memahami Islam secara menyeluruh, lalu menghayati tujuan hidupnya, pada akhirnya dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:53
Last Modified: 26 Oct 2020 04:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12105

Actions (login required)

View Item View Item