PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 PANJANG UTARA

Desta, Anggraini (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 2 PANJANG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI DESTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJAILAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 PANJANG UTARA TAHUN 2019/2020 OLEH Desta Anggraini Penelitian ini bermula dari nilai peserta didik yang masih banyak tidak mencapai nilai KKM dalam pembelajaran IPA. oleh sebab itu peneliti bertindak dalam proses pembelajaran menerapkan model pembelajaran. Apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Model yang digunakan peneliti yaitu model Student Facilitator And Explaining Kelebihannya adalah dapat mengembangkan proses belajar dikeias agar lebih dapat mengerti oleh peserta didik. Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik selama proses belajar berlangsung. Penelitian mi menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Student facilitator and explaining pada materi Gaya dan Gerak, dengan melibatkan peserta didik sebagai Fasilitator untuk peserta didik lainnya. Penelitian ini juga dilaksanakan di SDN 2 Panjang Utara Bandar Lampung. Jenis metode im penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi empat tahapan dalam satu siklus yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi. Jumlah Peserta didik yang permits teliti yaitu terdapat 39 orang peserta didik dalam satu kelas. Analisi data yang digunakan oleh penulis yaitu analisis kualitatif dan Analisis kuantitatif penelitian ini dilaksanakan menggunakan tiga siklus dengan tiga kali petemuan dalam satu siklusnya. Berdasarkan peneliti tersebut penulis dapat memperoleh hasil data yaitu, pada Siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 48,59 dengan ketuntasan klasikal 25,64% dengan kriteria kurang tercapai. Pada siklus II meningkat hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 63,59 dengan ketuntasan kiasikal 53,84% dengan kriteria kurang tercapai. Pada siklus III meningkat hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 77,95 dengan ketuntasan kiasikal 87,17% dengan kriteria tercapai. Bedasarkan hasil penelitian tersebut maka kesimpulan ada peningkatan hasil belajar IPA peserta didik jekas IVA SDN 2 Panjang Utara dengan menggunakan model pembelajaran. Student Facilitator And Explaining.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:39
Last Modified: 26 Oct 2020 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12103

Actions (login required)

View Item View Item