PENGARUH KEGIATAN PAPER QUILLING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT TOTOKARTO ADILUWIH PRINGSEWU

KHALIMATUSSA’DIAH, KHALIMATUSSA’DIAH (2020) PENGARUH KEGIATAN PAPER QUILLING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL MUSLIMAT TOTOKARTO ADILUWIH PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motorik halus adalah gerakan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan yang dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang dilakukan secara rutin dan terus menerus. Motorik halus pada umumnya memerlukan jangka waktu yang relative lama untuk menyesuaikannya namun motorik halus bisa dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang dilakukan secara rutin dan terus menerus. Dengan memberikan fasilitas yang bertujuan untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak, maka dapat dilakukan dengan memberikan variasi strategi dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan kegiatan paper quilling. Adapun rumusan masalahnya adalah “apakah ada pengaruh kegiatan paper quilling terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini pada pada kelompok B1 di Raudhatul Athfal Muslimat Totokarto Pringsewu”. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan uji T. penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental. Model desain yang digunakan pada penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Muslimat Totokarto Pringsewu dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas B1. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas kelompok eksperimen maka didapatkan nilai Sig. 0,000 maka jika nilai probabilitas sig (2-tailed) atau (sig ≤ 0,05), maka H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat Pengaruh Kegiatan Paper Quilling Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Muslimat Totokarto Pringsewu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:09
Last Modified: 26 Oct 2020 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12100

Actions (login required)

View Item View Item