Yanti, Novia Damai (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE(Predict-Observe-Explain) BERBASIS ASSESSMENT FORMATIF TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENCAPAIAN KONSEP BIOLOGI KELAS XI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG (Study Quasi Eksperimen Kelas XI Semester I SMA AL-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Masalah yang terjadi dilapangan ialah Guru biologi SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung menerapkan metode pembelajaran ceramah saat proses pembelajaran sehingga guru belum menerapkan model pembelajaran POE (Predict-Observe-explain).Pada saat proses pembelajaran, Aktivitas belajar siswa cenderung rendah dikarenakan jumlah siswa yang mendapatkan persentase <40 sebanyak 17 siswa, sedangkan siswa yang mendapatkan persentase >40 sebanyak 8. Serta tingkat pencapaian konsep siswa tergolong rendah dikarenakan sebanyak 69,7% siswa tidak tuntas dan sebanyak 30,3% siswa mencapai ketuntasan. Dengan adanya masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah seberapa besar pengaruh model pembelajaran POE berbasis assessment formatif terhadap aktivitas belajar dan pencapaian konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru bisa menerapkan model pembelajaran POE berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan pencapaian konsep siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan pretest-postest kontrol grup design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Alat pengumpulan data berupa tes, non tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran POE diperoleh nilai rata-ratanya 80,00. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-ratanya 60,1. Untuk aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran POE diperoleh persentase 80%. Pada kelas kontrol diperoleh persentase 56%. Uji t untuk nilai pencapaian konsep diperoleh ˃ yaitu 5,66 ˃ 1,66 pada taraf signifikasi 5% atau 0,05. Sedangkan untuk nilai aktivitas belajar diperoleh ˃ yaitu sebesar 12,59 ˃ 1,66. Berdasarkan kriteria uji-t dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ditolak dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa H1 diterima artinya ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap aktivitas belajar dan pencapaian konsep biologi kelas XI IPA SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa model pembelajaran POE berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan pencapaian konsep biologi siswa SMA AL-AZHAR 3 Bandar Lampung. Kata kunci: Model pembelajaran POE, Aktivitas belajar, Pencapaian konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADMINLIB PERPUSTAKAAN |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 03:53 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 03:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |