PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSETS (ROA), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Septi, Serliani (2020) PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON ASSETS (ROA), DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing saham pada penawaran umum perdana dalam Daftar Efek Syariah di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Variabel dalam penelitian ini adalah Current Ratio, Return on Assets, dan Debt to Equity Ratio sebagai variabel bebas, serta Underpricing Saham sebagai variabel terikat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Current Ratio terhadap tingkat Underpricing saham, bagaimana pengaruh Return On Assets terhadap tingkat Underpricing saham bagaimana pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap tingkat Underpricing saham. Tujuan penellitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Current Ratio terhadap Underpricing saham, untuk mengetahui pengaruh dari Return on assets terhadap Underpricing saham, untuk mengetahui pengaruh dari Debt to Equity Ratio terhadap Underpricing saham. Penelitian ini menggunakan metode Analisis linier berganda dengan tingkat signifikasi 5%. Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Berupa data laporan Keuangan Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Sampel yang digunakan diperoleh dari metode purposive sampling sejumlah 39 perusahaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian dapat disimpulkan bahwa : Hanya variabel Current Ratio memperoleh nilai signifikansi 0,0171 < 0,05 yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap underpricig. Variabel Return on Assets, dan Debt to Equity Ratio tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi R2 diperoleh nilai sebesar 0,2026 atau 20,26%. Hal ini menunjukkan bahwa proporsi pengaruh Current Ratio, Return on Assets, dan Debt to Equity Ratio, terhadap tingkat Underpricing yakni sebesar 0,2026 atau 20,26% sisanya 79,74% dipengaruhi variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:55
Last Modified: 22 Oct 2020 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12096

Actions (login required)

View Item View Item