PENGARUH KONSELING SEBAYA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ELYA, JULITA (2020) PENGARUH KONSELING SEBAYA UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku prokrastinasi akademik dapat didefinisikan sebagai suatu penundaan yang dilakukan secara sengaja atau beulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang tidak diperlukan dalam pengerjaan tugas. Perilaku prokrastinasi ini cenderung akan dilakukan oleh peserta didik secara bersama-sama dengan teman-temannya dan akan saling mempengaruhi satu sama lain. Layanan yang melibatkan teman sebaya adalah konseling sebaya. Konseling sebaya adalah proses pemberian bantuan yang dijembatani oleh peserta didik lain. Konselor sebaya bukanlah ahli professional melainkan peserta didik yang telah dipilih dan diberi pelatihan khusus oleh konselor guna membantu mengentaskan masalah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre experimental design dengan design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : one group pretest-posstest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh konseling sebaya terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dengan teknik pengumpulan data angket terdapat 8 peserta didik yang memiliki perilaku prokrastinasi akademik tinggi. Adapun hasil dapat diketahui dari uji Wilcoxon bahwa nilai z hitung 2.524. Selain itu diketahui dari hasil pretest 934 dengan rata- rata 116.75, posttest skor yang diperoleh 515 dengan rata-rata 64,37, terjadi penurunan nilai rata-rata kelas XI setelah pemberian layanan konseling sebaya hal ini dapat dilihat dari hasil posttest (515 < 934) untuk melihat selisih antara pretest dan posttest dapat dilihat dengan skor yang didapat sebesar 419 dengan rata-rata 52,37 hal tersebut menunjukan Ho ditolak dengan Ha dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa konseling sebaya memiliki pengaruh positif terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI SMA Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 06:48
Last Modified: 22 Oct 2020 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item