PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT, PERTUMBUHAN EKONOMI, UPAH TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

MUHAMMAD KHALIFAR, EGA FIRMANDA (2020) PENGARUH FOREIGN DIRECT INVESTMENT, PERTUMBUHAN EKONOMI, UPAH TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PEROUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSII  KHALIFAR EGA LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pengangguran menjadi salah satu isu penting dalam pembangunan suatu negara, karena pengangguran dapat menimbulkan dampak multiplayer dalam sebuah permasalahan yang dihadapi suatu negara, baik negara berkembang maupun negara maju karena Dampak-dampak yang ditimbulkan dari pengangguran ini bukan hanya menyangkut ke dalam persoalan ekonomi, namun juga masalah sosial. Bahkan pengangguran ini sendiri dapat mempengaruhi pembangunan nasional suatu negara. Pengangguran di Indonesia tahun 2010-2019 cenderung mengalami penurunan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh foreign direct investment, pertumbuhan ekonomi, upah terhadap tingkat pengangguran di Indonesia secara parsial dan secara simultan dan bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengangguran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data skunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia yaitu data time series selama 10 tahun. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan variabel foreign direct investment, pertumbuhan ekonomi, upah berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia. Secara parsial, variabel foreign direct investment dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia dan variabel upah berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 05:08
Last Modified: 22 Oct 2020 05:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item