PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VIII

FAHMI, ELEN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VIII. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VIII Oleh : FAHMI ELEN Keterampilan berfikir kreatif dan Self regulation diperlukan dalam pemebelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakta di lapangan hasil berfikir kreatif dan Self regulation peserta didik tersebut masih sering di abaikan oleh para pendidik, pembelajaran yang sering diterapkan seperti masih hanya berdiskusi, membacakan isi bacaan dan sekedar mengingat pelajaran tanpa memperhatikan keterampilam peserta didik dalam berpikir Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitiannya adalah Quasi Eksperimen, dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 1 Sumberejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model Discoveri Learning. Berdasarkan analisis data menggunakan MANOVA, ditemukan hasil-hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, model Sains Teknologi Masyarakat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumberejo (F = 33,427; sig.<0,05). Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Self regulation peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumberejo(F = 24,093; sig.<0,05). Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap kemampuan berpikir kreatif dan Self regulation peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sumberejo ( F = 31,275; sig.<0,05)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:11
Last Modified: 22 Oct 2020 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item