PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SELF REGULATION KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

IKA HANI, ROFI’ATUL KHOIRIYAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SELF REGULATION KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN SELF REGULATION KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN Oleh Ika Hani Rofi’atul Khoiriyah Kemampuan metakognitif saat ini sangat diperlukan peserta didik, karena mampu membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi baik di sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu self regulation juga mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif dan self regulation peserta didik masih rendah, belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu faktor penyebab permasalahan tersebut ialah pembelajaran yang kurang memberikan keleluasaan kepada peserta didik dalam berinteraksi, baik berinteraksi dengan pendidik, maupun dengan peserta didik yang lain. Sehingga peserta didik masih berperan sebagai penerima penjelasan dari pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan metakognitif dan self regulation kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Jatiagung Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen, desain penelitian yang digunakan Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling di mana kelompok penelitian ialah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol kelas XI MIA 3. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan metakognitif yang berupa soal essay, dan non tes dalam penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui self regulation peserta didik. Berdasarkan hasil dari uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett, diperoleh hasil dari kedua data tersebut yaitu normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA, diperoleh hasil penelitian taraf signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick memberikan pengaruh terhadap kemampuan metakognitif dan self regulation kelas XI pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Jatiagung Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:05
Last Modified: 22 Oct 2020 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item