STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MULYA JAYA MANDIRI DI KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

ASEP, AGUS SUKOCO (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MULYA JAYA MANDIRI DI KECAMATAN SIDOMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pemasaran adalah salah satu cara perusahaan dalam langkah pengembangan usahanya untuk menarik para konsumen agar tertarik dengan produknya dan agar bias lebih dikenal di pasaran. Strategi pemasaran sangat penting dilakukan oleh setiap badan atau organisasi dalam usaha yang dijalankannya agar mencapai suatu target yang telah ditentukan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi pemasaran pada produk pembiayaan pada BMT Mulya Jaya Mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan sifat deskriptif dengan data primer dan sekuder metode pengumpulan data yang digunakan yaitu interview, observasi dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif. Strategi yang diterapkan oleh BMT Mulya Jaya Mandiri dalam memasarkan produk murabahah adalah dengan menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu strategi produk, strategi harga , strategi tempat, strategi promosi, orang (people), proses dan bukti fisik. Strategi produk ditunjukan dengan produk unggulan yaitu produk pembiayaan murabahah. Penetapan harga yang sesuai dengan kemampuan nasabah yaitu dengan sistem bagi hasil, strategi tempat dimana BMT Mulya Jaya Mandiri berlokasi dipusat kota dan dilingkungan pasar, strategi promosi yang digunakan adalah dengan media online, brosur, jemput bola dan ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan. Kemudian Orang (people) ditunjukkan dengan karyawan BMT yang melayani nasabah dengan baik, ramah dan sopan santun. Proses dilihat dari prosedur pembiayaan murabahah yang baik. Dan bukti fisik ditunjukkan dengan banyaknya nasabah yang memilih produk murabahah. Namun promosi yang dilakukan oleh BMT Mulya Jaya Mandiri belum maksimal dikarenakan kurangnya SDM dalam pelaksanaan sosialisasi dan promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:19
Last Modified: 22 Oct 2020 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12080

Actions (login required)

View Item View Item