PENGARUH BUDAYA FOLLOWER, LIFE STYLE, DAN PRESTISE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

KENANGA, TRI PUTRI (2020) PENGARUH BUDAYA FOLLOWER, LIFE STYLE, DAN PRESTISE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI KENANGA LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Di era revolusi industri 4.0 terjadi digitalisasi dan kekuatan system jaringan secara global sehingga mengakibatkan banyak perubahan disegala aspek kehidupan salah satunya yang terkena dampak adalah perdagangan. Terjadi perubahan pola konsumsi yang dilakukan konsumen, dari sekedar tindakan konsumsi beralih ke pertimbangan nilai apa yang didapat dari mengkonsumsi berbagai produk. Tidak dapat dipungkiri di zaman yang inovatif dan kreatif ini telah mengubah perilaku masyarakat bahwa mereka mengkonsumsi suatu produk atas pertimbangan life style, tren budaya saat ini, dan prestise. Fenomena tren kekinian yang diikuti sebagian masyarakat sebagai pola konsumsi yang sudah lazim dan mempengaruhi minat beli konsumen itu sendiri. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh budaya follower, life style, dan prestise terhadap minat beli masyarakat pengguna media sosial di Kota Bandar Lampung secara parsial dan secara simultan dan bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap budaya follower, life style, dan prestise. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya follower, life style, dan prestise terhadap minat beli masyarakat pengguna media sosial di Kota Bandar Lampung secara parsial dan secara simultan dan mengetahui pandangan ekonomi islam terhadap budaya follower, life style, dan prestise. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data berupa data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, data diolah dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel budaya follower berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai t hitung 2,639 > t tabel 1,9847 dan signifikansi sebesar 0,01 < 0,05. Variabel life style berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dengan nilai t hitung 3,091 > t tabel 1,9847 dan signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Variabel prestise tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, karena nilai t hitung -0,962 > t tabel 1,9847 dan signifikansi sebesar 0,338 < 0,05. Sementara secara simultan variabel budaya follower, life style, dan prestise berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan didapat F hitung 12,513 > F tabel yaitu 2,70 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:14
Last Modified: 22 Oct 2020 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12079

Actions (login required)

View Item View Item