PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DEWI, FADILAH RAHMAN (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SMTI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2 .pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of skripsi full .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan menjadi sorotan penting baik dalam dunia pendidikan maupun kehidupan bermasyarakat yang mengharuskan orang untuk patuh pada aturan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan peserta didik dengan menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavioral contract. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok teknik behavioral contract untuk melihat pengaruh kedisiplinan terhadap peserta didik, dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI KI (Kimia Industri) 1 yang memiliki masalah dengan kedisiplinan rendah berjumlah 10 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling Berdasarkan hasil penelitian, bahwa rasa percaya diri peserta didik dapat ditingakatkan melalui layanan konseling kelompok teknik behavioral contract pada peserta didik kelas XI (Kimia Industri) 1 SMK SMTI Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis data dengan menggunakan Uji Wilcoxon dimana diperoleh nilai signifikan 0.005 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, bahwa terdapat peningkatan rasa percaya diri peserta didik yang signifikan pada subjek setelah diberi layanan konseling kelompok teknik behavioral contract, sehingga dapat disimpulkan rasa percaya diri peserta didik dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok teknik behavioral rehearsal pada peserta didik kelas XI KI (Kimia Industri) 1 SMK SMTI Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2020 02:01
Last Modified: 22 Oct 2020 02:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item