EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020 SKRIPSI

ANISA, MUARIF (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA AL- KAUTSAR BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019/2020 SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1-2.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sekolah dapat menjadi sumber masalah yang dapat memicu terjadiya stres karena peserta didik banyak menghabisakan waktu di sekolah. Stres akademik yang terjadi di SMA Al- Kautsar Bandar Lampung cukup tinggi berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket didapatkan peserta didik yang merasa jenuh berada di sekolah, tubuh terasa lelah, suhu tubuh meningkat (demam), kemudian didapatkan juga peserta didik yang izin untuk konseling ke ruang BK agar dapat menghindari pelajaran yang tidak disukai, dan terdapat peserta didik yang enggan masuk sekolah dihari selasa dikarenakan terdapat mata pelajaran yang dianggap sulit. Atas hal tersebut peneliti menghadirkan konseling kelompok dengan asertif training untuk mengurangi stress akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konseling kelompok asertif training efektif dalam mengurangi stress akademik pada peserta didik di SMA Al- Kautsar Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental Design jenis Non-equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 14 peserta didik dari kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik pendukung. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil output spss, asymp.sig adalah 0.018 yaitu lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan antara pretest dan post tes. selain itu hasil nilai rata-rata pretestt lebih tinggi dari nilai postestt (74,6 ≥ 45,8) angka tersebut menunjukan bahwa konseling kelompok dengan asertif training dapat menurunkan tingkat stress akademik di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:10
Last Modified: 20 Oct 2020 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12063

Actions (login required)

View Item View Item