MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

DESY, FEBILIA HANAFIAH (2020) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER-BAB1-2-DAPUS.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Setiap sekolah diwajibkan memiliki sarana dan prasarana yang baik agar dapat menunjang seluruh kegiatan yang ada di sekolah. Untuk menciptakan kualitas sarana dan prasarana yang baik SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung melakukan manajemen sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan dari seluruh program pendidikan di sekolah yang tentunya sangat dipengaruhi oleh sarana dan prasarana yang dimiliki serta pengelolaan dan pemanfaatan yang maksimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dimana dalam proses pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sumber informasi wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana, staff tata usaha, dan tenaga pendidik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), penyajian data, kesimpulan dan verifikasi penulis juga melakukan triangulasi data dengan metode triangulasi sumber kemudian menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian manajemen sarana prasarana dalam pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung diperoleh: 1) perencanaan dengan cara: pembentukan tim khusus pengadaan sarana dan prasarana, analisis kebutuhan, rapat komite, menetapkan master plann; 2) pengadaan dengan cara membeli, meminjam dan mendapatkan sumbangan, dengan sumber dana yang berasal dari komite, dana BOS, dan dana yayasan persyarikatan muhammadiyah; 3) penggunaan dilakukan oleh guru dan siswa sebagai media pendukung dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik; 4) pemeliharaan berlangsung pada beberapa jenjang, yaitu pemeliharaan jangka pendek untuk menjaga kebersihan lingkungan, jangka menengah untuk memperbaiki beberapa sarana seperti barang elektronik, dan jangka panjang yang dilakukan pertahun untuk perbaikan gedung dan pembangunan; 5) inventarisasi dilakukan oleh staff khusus pencatatan sarana prasarana dengan cara mencatat seluruh barang inventaris dan melakukan pengkodean pada seluruh sarana prasarana sekolah. Pencatatan daftar barang ini akan diperbarui melalui tahap rekapitulasi yang dilakukan tiap tahun; dan 6) penghapusan yang dilakukan melalui sortir barang yang sudah rusak, tidak dapat diperbaiki, surat yang telah lebih dari 5 tahun serta buku pelajaran yang sudah rusak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:34
Last Modified: 20 Oct 2020 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item