PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS MUDA GALIH LUNIK LAMPUNG SELATAN

Sri, Rezeki (2020) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS MUDA GALIH LUNIK LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN WARNA DENGAN MEDIA ALAM TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIFITAS ANAK USIA DINI DI PAUD TUNAS MUDA GALIH LUNIK LAMPUNG SELATAN Kreatifitas adalah kemampuan untuk menghasil kan suatu gagasan yang baru yang berbeda dari sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Warna dengan Media alam pada Anak Usia 5-6 tahun diPaud Tunas Muda Galih Lunik Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Perkembangan Kreativitas anak melalui permainan warna dengan media alam pada usia 5-6 tahun di Paud Tunas Muda Galih Lunik Lampung Selatan. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan kelas kontrol, dimana kelas kontrol pada kelompok B1 berjumlah 15 anak dan kelas eksperimen pada kelompok B2 yang berjumlah 15 anak. Data diambil dengan menggunakan teknik pedoman observasi instrument penelitian perkembangan kreatifitas anak. Teknik analisi menggunakan, normalitas data, homogenitas data, paired sample T-test, dan independent sample T-test. Analisis uji paired sampel T test dilakukan untuk mengetahui apakah data tentang adanya pengaruh antara sebelum dan sesudah. Adanya pengaruh permainan warna dengan pasta warna terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dikelas kontrol yaitu dengan sig 0.000 > 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh di kelas kontrol. Dan terdapat pula pengaruh permainan warna dengan media alam terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini dikelompok eksperimen yaitu dengan sig sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian uji paired sampel T-test disimpulkan bahwa penggunaan permainan warna dengan media alam berpengaruh terhadap perkembangan kkreatifitas anak usia dini di Paud Tunas Muda Galih Lunik Lampung Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:47
Last Modified: 20 Oct 2020 03:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item