STRATEGI PEMASARAN KLINIK PRATAMA RAWAT INAP BiMU MEDIKA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Putri Eka Handayani, han (2020) STRATEGI PEMASARAN KLINIK PRATAMA RAWAT INAP BiMU MEDIKA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika merupakan klinik yang dimiliki oleh KSPPS BTM BiMU dan PWM Lampung dengan semangat untuk mempermudah anggota koperasi, warga Muhammadiyah dan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan melayani BPJS. Klinik BiMU Medika ini termasuk klinik pertama sebab menyelenggarakan pelayanan medis dasar, dan memberikan pelayanan umum. Dalam memperkenalkan klinik ini kepada masyarakat, Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika memiliki strategi yang berbeda dengan kebanyakan lainnya yaitu melalui kerja sama dengan berbagai klinik di seluruh Sukarame . Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari responden dengan menggunakan interview (wawancara) berupa wawancara terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang peneliti gunakan yaitu, analisis yang dilakukan secara bersamaan dengan pengumpulan data. Proses analisis bersifat induktif yaitu, mengumpulkan informasi-informasi khusus menjadi satu kesatuan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika Sukarame Bandar Lampung, dalam melaksanakan strategi pemasaran yang digunakan pertama,Pelayanan kesehatan berbasis kepuasan pasien; kedua,Pelayanan berbasis kerja sama dengan penyedia layanan kesehatan yang lain; ketiga, Pelayanan kesehatan berbasis layanan terkini.; ketiga, mengupgrade ilmu untuk menambah program-program pelayanan. Dari ketiga strategi tersebut strategi yang lebih strategis adalah strategi dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan megutamakan kepuasan pasien, dengan cara ini pasien yang pernah berobat diklinik akan memberikan informasi kepada masyarakat dengan pelayanan yang sudah didapatkan ketia berobat di Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika. karena beberapa pengunjung yang sudah berobat di Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika ini rata-rata mendapatkan informasi dan megetahui keberadaan klinik dari pasien yang sudah pernah berobat di klinik ini. Pengunjung yang berobat di Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika, banyak yang menganggap bahwa klinik ini sebagai klinik yang mengutamakan menerapkan hukum-hukum Islam. Klinik Pratama Rawat Inap BiMU Medika juga memiliki citra baik dalam hal pelayanan,yang membuat anggota merasa terpuaskan dengan pelayanan yang diterima. Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:34
Last Modified: 19 Oct 2020 04:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item View Item